STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Inovasi Menembus Batas Dunia - Menuju Institut Terkemuka di Madura

Artikel Terkini 02 Sep 2020
By PUSDATIN

MEMBANGUN KINERJA YANG BERJIWA VISIONER

MEMBANGUN KINERJA YANG BERJIWA VISIONER

Oleh: Moh. Fadli, M.Pd*

(Dosen Prodi PGMI STAI Miftahul Ulum Tarate Sumenep)

Email: mohammadfadli.10@gmail.com

 

Perubahan paradigma yang mendasar dalam suatu organisasi yang berfokus pada outcome yang berupa perubahan yang terjadi setelah adanya output akan sangat menentukan kesungguhan organisasi untuk benar-benar berkinerja yang berjiwa visioner. Apabila di masa lalu organisasi cukup memberikan janji mengenai kinerja, kini seiring dengan perkembangan zaman menuju kepemerintahan yang baik (good governance). Suatu organisasi diwajibkan untuk memenuhi janjinya dan memberikan bukti nyata mengenai pemenuhan janji tersebut. Kinerja yang dijanjikan harus diukur apakah benar-benar telah dipenuhi. Untuk mengukur kinerja menggunakan alat ukur yang disebut dengan indikator kinerja.

Indikator kinerja adalah ibaratkan suatu kendaraan dalam mencapai suatu tujuan. Oleh karena itu, tentu kita memerlukan kendaraan tersebut dengan performa yang baik dan berkualitas. Melalui kendaraan tersebut, kita bisa mengetahui sudah sampai dimana kita, apakah sudah dekat atau masih jauh dengan tujuan yang akan kita capai. Namun, agar kendaraan tersebut berjalan dengan baik, tentu kita juga harus memiliki pengemudi yang sangat profesional. Pengemudi yang sangat profesional adalah pengemudi yang berbudaya, dia akan dapat mengendarai kendaraan dengan baik, namun tetap menjaga attitude sehingga tidak melanggar peraturan yang ada. Indikator kinerja yang berkualitas dan implementasi budaya yang baik adalah komponen yang akan saling melengkapi dalam mempercepat pencapaian suatu tujuan organisasi. Indikator kinerja akan memberikan gambaran mengenai apakah organisasi ini berhasil atau gagal. Lebih jauh lagi, indikator kinerja akan memberikan informasi yang faktual mengenai kinerja suatu organisasi atau seseorang apakah dia berhasil atau gagal, baik atau tidak baik, sesuai ketentuannya. Oleh karena itu, dengan adanya informasi tersebut, organisasi dapat membuat keputusan-keputusan untuk memperbaiki kegagalannya atau mengevaluasi, mempertahankan keberhasilan, dan meningkatkan kinerja di masa yang akan datang.

Membangun kinerja yang berjiwa visioner itu sangat penting bagi suatu organisasi. Jika kita ketahui, visioner adalah sebutan bagi mereka yang memiliki wawasan dan pandangan ke masa depan yang lebih baik, sebagai kaum akademisi sudah waktunya untuk melakukan kerja cerdas, kerja cepat, rencanakan dengan matang dan jalani dengan serius apa yang menjadi target utama untuk menuju masa depan yang lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semua. Amin Amin yarobbal Alamin…

 

*Subag BAU, PUSDATIN dan Editor Jurnal Terateks

    STAI Miftahul Ulum Tarate Sumenep

 

INFORMASI KAMPUS :

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Menuju Institut Terkemuka di Madura

Jalan Pesantren No 11
Tarate Pandian Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur - Indonesia
Telp : +62 878 - 7030 - 0328 / WA : +62 81 776 - 883 -730 / +62 823 - 3483 - 4806

Website : http://www.staimtarate.ac.id

E-mail 1 : official@staimtarate.ac.id 

E-mail 2 :  staimtarate.official@gmail.com

 

SOSIAL MEDIA

AGENDA KEGIATAN