STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Inovasi Menembus Batas Dunia - Menuju Institut Terkemuka di Madura

Seputar Kampus 29 Mar 2021
By PUSDATIN

Wisuda Ke-IV - Membangun Generasi Unggul, Maju dan Berkarakter di Era Society 5.0

Wisuda Ke-IV - Membangun Generasi Unggul, Maju dan Berkarakter di Era  Society 5.0

Wisuda Ke IV STAIM Tarate Sumenep | Foto : Pusdatin

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Prosesi Wisuda Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAIM) Tarate Pandian Sumenep Tahun Akademik 2020/2021 di Gedung Islamic Senter Bindara Saod Kecamatan Batuan Kabupaten Sumenep (Ahad, 28 Maret 2021) harus dilakukan di tengah keprihatinan dan ketidakpastian berakhirnya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia khususnya diwilayah Kabupaten Sumenep. Namun demikian, kondisi ini tidak boleh menyurutkan semangat untuk tetap memberikan layanan yang terbaik bagi civitas akademika Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAIM) Tarate Pandian Sumenep.

Maka dari itu pelaksanaan Sidang  Senat Terbuka Luar Biasa Dalam Rangka Wisuda Program Sarjana Strata Satu Angkatan Ke-IV T.A 2020/2021 tetap dilaksanakan, namun tetap mengikuti arahan ketua gugus Covid-19 Pemerintah Kabupaten Sumenep. Hal ini mengingat situasi pandemi Covid-19, dan instruksi pemerintah untuk mengikuti Protokol Kesehatan.

Prosesi Wisuda Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep Tahun Akademik 2020/2021 yang dilaksanakan pada Ahad, 28 Maret 2021, dapat diselenggarakan dengan baik, penuh khidmat dan semarak, serta mengedepankan protokol kesehatan, yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Adapun peserta wisuda yang ikut bergabung dalam sidang senat terbuka luar biasa kali ini ialah, mahasiswa dari program studi Hukum Keluarga Islam (HKI),  Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Ekonomi Syariah (ES)

Wisuda ini juga dihadiri oleh Drs. KH. Abdullah Cholil, M.Hum., Pengasuh Pondok Pesantren Al-Usymuni Tarate Pandian Sumenep Jawa Timur., Waka II STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep Bapak Achmad Junaidi, S.H.I., M.H., Waka III STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep K. Hisbullah Huda, S.H.I, dan perwakilan dari Yayasan Yas’ada.

Ketua STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep, K.. Ubaidillah Cholil, M.Pd.I., M.H.I dalam sambutannya, beliau berpesan kepada seluruh peserta wisudawan dan wisudawati. “Selalu berbuat baik dengan siapapun tanpa berharap apapun dan jadilah manusia yang selalu mengedepankan akhlakul karimah dalam segelah aspek kehidupan”. Ketua STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep  juga mengingatkan bahwa bangsa Indonesia menunggu karya inovatif dari adik-adik semua mahasiswa/i. Untuk itu, perkenankan saya atas nama pribadi dan atas nama Ketua STAIM Tarate Pandian Sumenep dengan penuh kebanggaan mempersembahkan 86 lulusan sarjana STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep kepada bangsa Indonesia dan dunia dengan semangat Inovasi Menembus Batas Dunia, ucap beliau dalam sambutannya.

Prosesi Wisuda Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAIM) Tarate Pandian Sumenep Tahun Akademik 2020/2021 yang dilaksanakan pada Ahad, 28 Maret 2021, dihadiri secara vitual melalu aplikasi zoom meeting oleh Wakor Kopertais Wilayah IV Surabaya Prof. Dr. KH. Ahmad Imam Mawardi, M.A. Dalam orasi ilmiahnya  yang ditayangkan langsung secara live dengan tema “Membangun Generasi Unggul, Maju dan Berkarakter di Era Society 5.0Beliau mengatakan bahwa kunci keberhasilan seseorang ada 4, yang pertama ialah mencari ilmu, yang kedua adalah mencari guru yang tepat, yang ketiga adalah mengamalkan ilmu itu sendiri sesuai dengan kemampuan masing-masing, dan yang terakhir ialah dekat dengan Allah SWT. Karena yakin dan percaya bahwa, setinggi apapun ilmu yang kita miliki kalau tidak dekat dengan Allah, maka ilmu itu tidak akan berkah maka dekatlah sama cahaya itu dan cahaya yang dimaksud adalah ulama, ucapnya.

Sambutan yang  terakhir disampaikan oleh Bapak Bupati Kabupaten Sumenep Ahmad Fauzi, S.H., M.H, beliu berbagi kiat  sukses untuk wisudawan/wisudawati STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep dalam meraih mimpinya. Dengan penuh semangat beliau menyampaikan bahwa sukses itu bukan hasil akhir tapi suatu proses diamana setiap orang akan mengalami proses yang berbeda-beda. Beliau berpesan yang pertama  selalu melibatkan spritualitas diri dalam setiap melakukan aktivitas apapun yaitu berdo’a dan usaha dan yang kedua adalah selalu melibatkan orang tua untuk mendo’akan setiap aktivitas yang kita jalani, yang ketiga adalah selalu minta do’a guru-guru dan kiai, yang ke-empat mintalah do’a sama anak yatim dan faqir miskin dengan cara memberi sodaqoh, dll. Dan yang terakhir beliau berpesan bahwa kita selalu ikhlas dan qonaah. Ada 4 kesimpulan yang disampaikan oleh Bapak Bupati Kabupaten Sumenep Ahmad Fauzi, S.H., M.H antara lain :

  1. Penguatan ikhtiar
  2. Penguatan spritual
  3. Penguatan ritual dan
  4. Qonaah

Bapak Bupati Ahmda Fauzi, S.H., M.H mengajak semua generasi muda untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manunisa (SDM)-nya supaya menjadi penerus bangsa yang unggul, berkarakter, berkualitas, berintegritas dan memiliki daya saing yang tinggi seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat saai ini. Generasi muda merupakan salah satu kekuatan dan unjung tombak dalam membangun bangsa dan generasi muda juga yang akan melihat nasib masa depan suatu bangsa dengan berbagai perannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Karena itu beliau berharap, generasi muda dalam menghadapi perkembangan teknologi itu harus menyiapkan diri sejak dini, melalui penanaman dan penguatan unsur aqidah, syariah dan akhlak, sekaligus mempunyai bekal ilmu, sains dan teknologi yang berbasis global.

Bupati menyampaikan selamat dan sukses kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan pendidikannya S1 Prodi HKI, PGMI dan Ekonomi Syariah di STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep dan bukan menjadi akhir untuk menjalani proses pendidikan, tetapi menjadi awal melanjutkan proses pendidikan selanjutnya kejenjang yang lebih tinggi di tengah-tengah masyarakat. Ucap Bupati Achmad Fauzi (28/032021).

 

Penulis : Nurul Huda

PUSDATIN STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep

 

AGENDA KEGIATAN